blog pemula yang berisi konten ilmu pengetahuan, berita terhangat dan hobi..

Senin, 08 Juni 2009

Miliarder Kanada Baca Puisi di Luar Angkasa

MOSKOW - Impian pemilik kelompok sirkus Cirque du Soleil, Guy Laliberte, untuk pergi ke luar angkasa akan segera terwujud. Miliarder asal Kanada ini dijadwalkan berangkat menggunakan pesawat ulang alik Soyuz milik Rusia pada September mendatang.

Laliberte menjadi turis luar angkasa ketujuh di dunia. Dia membuat perjalanannya menjadi fenomenal karena ia mengatakan akan membuat pertunjukan seni dengan membaca puisi sesampainya di luar angkasa.

"Saya sudah pernah merasakan berganti-ganti profesi. Menjadi pengusaha, seniman jalanan, dan lain sebagainya. Kini saya ingin mewujudkan keinginan untuk melakukan hal luar biasa di luar angkasa," kata Laliberte, seperti yang dikutip dari Reuters, Selasa (9/6/2009).

"Melakukan perjalanan luar angkasa merupakan impian saya sejak lama. Keinginan itu timbul sejak saya mengunjungi eksibisi luar angkasa Soviet di Kanada tahun 1967," tambahnya.

Laliberte akan meluncur dari stasiun luar angkasa Rusia di Kazakhstan menggunakan pesawat roket Soyuz. Dalam perjalanan wisatanya Laliberte ditemani seorang kosmonot Rusia dan astronot Amerika pada 30 September mendatang.

Dia menolak menyebutkan secara jelas jumlah ongkos perjalanan luar angkasa ini. Dia hanya mengaku membayar kisaran harga hampir sama dengan turis luar angkasa sebelumnya, yaitu sekira USD20 juta hingga USD35 juta.

Laliberte akan membacakan puisi yang menceritakan mengenai kelangkaan air di bumi dari International Space Station selama misi perjalanannya.

"Saya tumbuh dari dunia seni. Oleh karenanya perjalanan ini akan saya gunakan pula untuk kegiatan itu. Saya harap yang akan saya lakukan nantinya bisa menghibur dan mencapai sasaran dalam cara berkomunikasi lewat puisi yang revolusioner," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar