blog pemula yang berisi konten ilmu pengetahuan, berita terhangat dan hobi..

Sabtu, 16 Mei 2009

Siaran 7x24, PPI Luncurkan Radio PPI Dunia


Den Haag - Aliansi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) seluruh dunia akan meluncurkan Radio PPI Dunia dengan siaran 24 jam. Peluncuran akan ditandai dengan siaran berantai dari Mesir hingga Australia.

Demikian siaran pers melalui Koordinator Program Radio PPI Dunia Yohanes Widodo yang diterima detikcom, Sabtu (16/5/2009) subuh waktu Eropa Tengah.

Radio PPI Dunia akan diluncurkan pada Senin (18/5/2009) pukul 00.00 WIB, ditandai dengan siaran berantai dari Mesir, Belanda, Jerman, Rusia, Korea Selatan, Malaysia, Inggris, dan Australia.

"Sebelumnya radio ini telah menempuh tahapan ujicoba siaran dengan gemilang sejak 26/4/3009," ujar Yohanes alias Masboi, yang sehari-harinya adalah Sekjen PPI Belanda.

Radio PPI Dunia ini digagas oleh aliansi PPI seluruh dunia, yang diinisiasi oleh momentum Simposium Internasional di Den Haag, Belanda. Hingga kini sebanyak 10 PPI di seluruh dunia terlibat dalam radio ini.

Radio PPI Dunia merupakan radio online atau streaming yang disiarkan lewat internet dan bisa didengarkan melalui situs radioppidunia.com. Pendengar dapat berkomunikasi dengan penyiar serta berkirim salam dan lagu melalui pesan singkat Yahoo Messenger: radioppidunia@yahoo.com

Sementara itu Koordinator Umum Radio PPI Dunia Ade Darwadi dari PPI Rusia mengatakan, format radio online dipilih karena radio dengan konsep tersebut memiliki keunikan dan keunggulan dibandingkan media massa lainnya.

"Teknologi internet yang bersifat tidak terbatas memungkinkan kami, para pelajar Indonesia yang terpisah dan tersebar di berbagai negara untuk berkolaborasi dan siaran bersama," kata Ade, seraya menambahkan bahwa meski tidak bertemu secara fisik, namun rasa kedekatan dan persaudaran itu tumbuh serta menjadi sebuah komunikasi tanpa batas.

Fasilitas internet memungkinkan komunikasi dan interaksi lintas batas, sehingga radio ini bisa menjangkau khalayak yang sangat luas dan dapat diakses di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun.

Ade berharap Radio PPI Dunia bisa menjadi media komunikasi, interaksi, informasi, dan silaturahmi pelajar dan masyarakat Indonesia di seluruh dunia.

Sabtu, 16/05/2009 11:27 WIB detik news.com

hati-hati kanker penis

Kompas - Sabtu, Mei 16

JAKARTA, KOMPAS.com — Sunat dikatakan dapat membantu mengurangi risiko seperti penyakit menular seksual. Namun ternyata tak hanya itu. Sunat juga mengurangi risiko terkena kanker penis. Dengan kata lain, para pria yang tidak sunat berisiko terkena kanker penis.


Demikian diungkap Urolog Rumah Sakit Pusat Kanker Dharmais Jakarta Dr Rachmat B Santoso saat dihubungi melalui telepon, Jumat (15/5). “Penyebabnya adalah infeksi kronis pada orang yang tidak cirkumsisi (sunat),” kata Rachmat. Laki-laki yang juga berisiko adalah mereka yang pernah menderita herpes genitalis.

Persoalan utamanya adalah tidak higienisnya alat kelamin laki-laki karena kepalanya tidak terbuka. Kebersihan daerah di bawah kulit depan glans penis tidak terjamin kalau tidak sunat.

Gejala yang dijumpai pada orang yang kena kanker penis adalah adanya luka pada penis, luka terbuka pada penis, dan merasa nyeri pada penis bahkan terjadi pendarahan dari penis. Biasanya ini terjadi pada stadium lanjut. Ciri lain adalah tampak luka yang menyerupai jerawat atau kutil pada penis.

Pengobatan kanker penis bervariasi, tergantung kepada lokasi dan beratnya tumor. Cara pertama adalah penektomi atau pemotongan, bisa sebagian bisa juga total. Rachmat mengilustrasikan, jika panjang penis 10 sentimeter dan yang terkena kanker hanya ujung penisnya maka yang panjang penis yang dipotong 2-3 sentimeter. “Tapi, jika yang kena kanker tiga perempat panjang penis, apa boleh buat penisnya harus dipotong habis,” katanya. Cara yang lain bisa berupa kemoterapi dan terapi penyinaran.

Rachmat mengingatkan, penyakit ini tidak boleh dianggap remeh oleh para lelaki. Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini, kanker penis banyak menyerang usia produktif, 30 tahun sampai 50 tahun.

Meski tidak banyak menyerang pria, dalam setahun hanya ada 2-3 orang yang datang ke RS Dharmais, Anda, para pria harus hati-hati. “Tidak signifikan memang, tetapi sangat mengganggu integritas karena menyangkut kelaki-lakian seseorang,” pungkasnya.

Dunia Gempar Ikan Purba Tangkapan Yustinus

MANADO, JUMAT - Dua nelayan asal Malalayang, Manado, Yustinus Lahama dan Delfie, tidak menyangka ikan hasil tangkapannya pada 19 Mei 2007 di perairan Teluk Manado, cukup menggegerkan dunia.

Pasalnya, ikan yang diketahui para ilmuwan dunia itu, sejenis "Latimeria menadoensis" atau Coelacanth, merupakan ikan purba yang sebenarnya sudah dianggap punah sejak 65 juta tahun lalu.

Sekarang ikan tersebut telah dipajang dan membuat gempar peserta dari berbagai negara yang ikut dalam ajang World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative (CTI) Summit, 11-15 Mei 2009.

Yustinus mengatakan, ikan purba tersebut ditangkap ketika tersangkut kail miliknya. Ketika ditarik nampak seekor ikan dengan panjang kurang lebih satu meter dan berat berkisar 30 Kg disertai bintik-bintik putih.

Ikan itu didapat pada kedalaman laut sekitar 105 meter, di pantai Malalayang, pada pukul 08.00 Wita, 19 Mei lalu. "Meski tergolong besar, namun ikan tersebut tampaknya tidak melakukan perlawanan lagi ketika diseret hingga ke dalam perahu," katanya, mengisahkan penangkapan itu.

Menurut data berbagai sumber, Coelacanth diartikan sebagai "duri yang berongga" berdasarkan kata Yunani coelia, "berongga" dan acanthos, "duri". Ini merujuk pada fisiknya yang berduri pada sirip yang berongga.

Coelacanth adalah ikan yang berasal dari sebuah cabang evolusi tertua yang masih hidup dari ikan berahang. Diperkirakan sudah punah sejak akhir masa Cretaceous 65 juta tahun lalu, sampai sebuah spesimen ditemukan di Timur Afrika Selatan, di perairan Sungai Chalumna tahun 1938.

Namun, sejak itu Coelacanth ditemukan di Komoro, perairan Pulau Manado Tua di Sulawesi, negara Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar dan Taman Llaut St Lucia di Afrika Selatan.

Di Indonesia, khususnya di sekitar Manado, spesies ini oleh masyarakat lokal dinamai ikan raja laut. Coelacanth terdiri dari sekitar 120 spesies yang diketahui berdasarkan penemuan fosil. Sampai saat ini, telah ada dua spesies hidup Coelacanth yang ditemukan yaitu Coelacanth Komoro, Latimeria chalumnae dan Coelacanth Sulawesi, Latimeria menadoensis.

"Hingga tahun 1938, ikan yang berkerabat dekat dengan ikan paru-paru ini dianggap telah punah semenjak akhir masa Cretaceous, sekitar 65 juta tahun yang silam," kata Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unsrat Manado, Prof KWA Masengie.

Menurut dia, ada seorang iktiologis (ahli ikan), Dr JLB Smith kemudian mendeskripsi ikan tersebut dan menerbitkan artikelnya di jurnal Nature pada tahun 1939.

Ia memberi nama Latimeria chalumnae kepada ikan jenis baru tersebut, untuk mengenang sang kurator museum dan lokasi penemuan ikan itu.

Pencarian lokasi tempat tinggal ikan purba itu selama belasan tahun berikutnya kemudian mendapatkan perairan Kepulauan Komoro di Samudera Hindia sebelah barat sebagai habitatnya, di mana beberapa ratus individu diperkirakan hidup pada kedalaman laut lebih dari 150 meter.

Di luar kepulauan itu, sampai tahun 1990-an beberapa individu juga tertangkap di perairan Mozambik, Madagaskar dan juga Afrika Selatan. Namun semuanya masih dianggap sebagai bagian dari populasi yang kurang lebih sama.

Pada tahun 1998, enam puluh tahun setelah ditemukannya fosil hidup Coelacanth Komoro, seekor ikan raja laut tertangkap jaring nelayan di perairan Pulau Manado Tua, Sulawesi Utara.

Ikan ini sudah dikenal lama oleh para nelayan setempat, namun belum diketahui keberadaannya di sana oleh dunia ilmu pengetahuan. Ikan purba itu secara fisik mirip Coelacanth Komoro, dengan perbedaan pada warnanya.

Ketika ikan itu ditangkap dengan jenis yang lain oleh dua nelayan di Manado, informasinya langsung menghebohkan warga hingga ke telinga Gubernur Sulut, SH Sarundajang. Gubernur Sulut SH Sarundajang selaku penggagas pelaksana WOC, langsung mencari ikan tersebut dengan mengundang sejumlah peneliti dari berbagai akademisi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Ikan tersebut langsung diamankan di Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, disimpan di "cold storage", agar bisa terus bertahan hingga pelaksanaan WOC dan kepentingan ilmiah.

Manado Ocean Declaration (MOD) sudah disepakati pada WOC yang diikuti ribuan peserta dari 80 lebih negara di Manado, serta telah mencatat sejarah tentang penyelamatan laut dan konservasinya.

Namun, keberadaan ikan purba yang ternyata masih berada di perairan di dunia ini tetap mencuatkan ide, agar Coelacanth jadi maskot WOC.

Koordinator Media Center WOC Roy Tumiwa di Manado, mengatakan, ikan purba itu sudah dijadikan bahan diskusi di tingkat pemerintah dan stakeholder kelautan.

Keberhasilan menyelenggarakan WOC telah menjadikan Kota Manado terkenal ke berbagai penjuru dunia. Namun, akan lebih terkenal lagi, bila ikan purba coelancanth kelak dijadikan maskot WOC.

Kompas - Jumat, Mei 15

Supiah Dipercayai Jelmaan Nyi Blorong dan Simbol Malapetaka

Nama Supiah sekarang ini menjadi buah bibir. Ada yang meragukan namun tak sedikit juga yang mempercayai. Nenek yang dipergoki duduk mengambang di laut Pelawangan, Grajagan, Banyuwangi itu dipercaya disusupi penghuni laut selatan dan bahkan kehadirannya bisa menimbulkan musibah.

Pandangan itu diungkap Mbah Syaid, tokoh yang dituakan dari Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Menurut pria yang mampu melakukan peneropongan secara gaib ini, Supiah sejatinya adalah perempuan berkepala manusia berbadan ular. Atau biasa disebut oleh masyarakat Jawa selama ini sebagai Nyi Blorong.

"Makhluk halus yang dikenal kejam itu sudah lama ada di dalam tubuh Supiah. Supiah itu sejatinya Nyi Blorong," ungkapnya kala ditemui detiksurabaya.com di rumahnya, Kamis (14/5/2009).

Dijelaskan juga, tujuan Supiah ke laut bukan untuk mencari anaknya saja. Tapi meminta bantuan sesama makhluk halus, akibat pemukiman mereka (makhluk halus) di Gunung Tumpang Pitu rusak akibat penambangan emas. Sebab itu pula, sudah mulai ada tanda-tanda jika permintaan Supiah direspon oleh rekan-rekannya di laut selatan.

"Tak akan lama lagi akan ada goro-goro (masalah) yang berawal dari tambang emas, penghuni laut selatan dan Alas Purwo mulai turun gunung," jelas dia seakan memperingatkan. Apalagi sebelumnya Supiah mengaku berasal dari Gunung Tumpang Pitu. Padahal dia sehari-harinya tinggal di Dusun Selorejo Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo.

Pernyataan serupa juga disampaikan Syueb Akbar, sesepuh Pesisir Grajagan. Laki-laki yang terkenal dekat dengan para penunggu laut Grajagan itu, mengaku, jika dirinya sudah ditemui Ki Ageng Wilis, penunggu Gunung Tumpang Pitu.

Dalam pertemuannya itu, Ki Ageng Wilis yang dulunya penunggu laut Pelawangan tersebut mengingatkan, jika akan ada masalah besar akibat adanya tambang emas.

"Ki Ageng Wilis bertemu dengan saya, beliau sesaat turun dari kudanya, bilang jika dalam waktu dekat akan ada marabahaya yang disebabkan dari tambang emas," ungkap Syueb kala ditemui di rumahnya.

detikcom - Jumat, Mei 15

Jumat, 15 Mei 2009

cara mencegah flu babi

Jangan berjabat tangan dengan babi yang sedang flu, selain akan tertular flu oleh babi, anda juga akan dianggap orang gila

- Jangan berciuman dengan babi yang sedang flu, apalagi yang ini, anda gak mau kan dilihat orang sedang berciuman dengan babi.

- Cucilah tangan setelah anda bergulat dengan babi di kandang babi.

- Jangan suka mengucapkan kata babi ke pada orang lain (babi lu, contoh)

- Jangan tidur di sebelah babi

- Jangan menerima babi sebagai teman Anda di facebook karena dia dapat mengharvest teman-teman anda di facebook

- Jikapun Anda memang memelihara babi, sediakan selalu sapu tangan, tissue agar bisa menutup hidung dan mulutnya bila bersin.

- Hindarilah berenang di kolam renang babi, setidaknya untuk saat ini.


- Jangan memforward email ini ke babi

resume kerja

Inilah contoh resume kerja yang bisa anda sesuaikan dengan kepentingan anda.

Satria Perkasa
Jl. Lembah Tidar 13
Magelang
Telp. 0293-369xxx

Tujuan Profesional


Berkarir di bidang penjualan, tingkat awal di bagian penjualan barang kelontong

Pendidikan

Masih kuliah S-1 di Universitas Tidar Magelang, Saat ini saya sedang mengambil mata kuliah sistem informasi manajemen, manajemen pemasaran lanjut, dan manajemen keuangan. Antisipasi lulus: Agustus 2007

Fakultas: Ekonomi, Jurusan Manajemen Pemasaran, dengan pengkhususan Pemasaran Retail

Indeks Prestasi: 3,54 (dari skala 4.0)

Mata kuliah yang sudah diambil: Analisis kuantitatif, Pengenalan bisnis, Makro Ekonomi, dan Komunikasi interpersonal

Mata kuliah bisnis yang akan saya ambil: Manajemen Eceran, Lingkungan Pemasaran, Public Relations in Business, dan Seminar di bidang Penjualan Eceran

Pengalaman di bidang Penjualan dan lain-lainnya

Agustus 2004 – September 2004 bekerja paruh waktu di toko makanan “Enak” Magelang. Bekerja 20 jam seminggu

Desember 2004 – Februari 2005 bekerja suka rela (tanpa digaji) untuk mencari pengalaman sebagai pembantu pengawas penjualan pada Mini Market BetaMart Magelang.

Juni 2005 – Juli 2005 membantu dalam proyek komunikasi pemasaran biro iklan “Signifikan” dalam mengetahui keinginan pelanggan retail supermarket “Megah Plaza” di Yogyakarta

Data Pribadi

Menjadi ketua bidang promosi Ikatan Marketing Association Magelang
Berlangganan bulanan Majalah Marketing secara rutin.
Memiliki ketertarikan dan niat yang kuat terhadap kesehatan pribadi
Berolah raga rutin, termasuk fitness, jalan kaki, dan menari tarian Jawa Tengah

Referensi

Ibu Wati Kadarsih
Manajer Toko “Enak”
Magelang
Telp. (0293) – 444xxx

Bapak Bendot Kusuma
Supervisor Minimarket “BetaMart”
Magelang
Telp (0293) 367xxx

Bapak Bedjo Terus
Manajer Biro Iklan “Signifikan”
Yogyakarta
Telp. (0274) 333xxx

Catatan:
Perhatikan nama, alamat dan telpon diletakkan di tengah-tengah. Dapat pula informasi ini diletakkan pada sebelah kiri.
Lihat pula ada dua spasi antara alamat dengan tujuan professional

Dari pernyataan tujuan itu, orang yang akan merekrut tahu tipe pekerjaan yang dilamar, dan karir yang dituju oleh pelamar.

Dengan pengalaman terbatas, Satria Perkasa memperkirakan bahwa pendidikannya akan lebih memberi kesan dibanding pengalaman kerjanya. Oleh karenanya, ia mendahulukan informasi pendidikannya dibanding pengalamannya. Mata kuliah yang diambilnya pun juga terkait dengan pekerjaan yang ingin dilamarnya.

Indeks prestasi yang tinggi juga menunjukkan bahwa ia cukup pintar dan belajar serius. Ini menunjukkan pula bahwa keseriusan ini akan tercermin pula pada pekerjaan yang dilamarnya.
Agar perekrut tahu bahwa ia memiliki bekal untuk bekerja di bidang eceran, ia mencantumkan pelajaran yang terkait dengan bidang eceran itu.

Karena contoh resume kerja itu ditujukan untuk bidang penjualan, maka kata “penjualan” muncul pada judul pengalaman yang dituliskan di atas. Perhatikan pula, kata-kata aktif yang digunakan dalam contoh resume ini. “Bekerja, menjadi, memiliki, membantu” dalam pengalaman tadi menunjukkan keaktifan dari pelamar. Ini semakin menguatkan sikap Satria Perkasa yang memang siap bekerja dan membantu mensukseskan perusahaan yang dilamarnya.

Itulah contoh resume kerja yang saya coba tampilkan. Sekali lagi, anda harus kreatif. Sampai jumpa pada tips berburu lowongan kerja lainnya.

Memahami Komunikasi Interpersonal Chapter 9 Buku Steven A Beebe

Hubungan Antar Personal sebagai Suatu Sistem dan Proses

Hubungan antar personal adalah sebuah transaksi, seperti komunikasi antar personal, ini menandakan bila setiap orang didalam suatu hubungan mempengaruhi orang lain, sebenarnya, suatu hubungan dipengaruhi dalam arti luas dari banyak faktor, yang bisa berarti yang terbaik untuk dapat mengerti dengan cara berpikir pada suatu sistem hubungan.

Sistem adalah rangkaian elemen yang saling berhubungan, sering dijelaskan sebagai suatu masukan atau proses dan pengeluaran. Hal yang paling mendasar dalam teori sistem adalah perubahan pengaruh di banyak elemen dan mempengaruhi elemen lainnya, suatu hubungan dapat dipikirkan sebagai jenis dari elemen. Contohnya jika perubahan terjadi pada sahabat kita baik dalam suasana hati maupun perilakunya dapat mempengaruhi suasana hati kita juga.

Salah satu kesulitan dalam menganalisis hubungan sebagai suatu sistem adalah memutuskan elemen apa yang ada dalam sistem tersebut, seperti apa saja batasannya. Adalah pekerjaan kita, hubungan kita dengan ayah, suasana hati pimpinan kita, atau komunikasi guru maupun elemen dalam hubungan dengan sahabat kita. Terkadang setiap elemen tersebut dapat mempengaruhi hubungan kita. Sebagai proses, suatu hubungan secara konstan dapat berubah secara perlahan dan dinamis, mereka selalu bergerak ke level baru dan diartikan ulang, mungkin perubahan tidak terjadi secara besar, tetapi kita tak perlu khawatir apakah kita menjadi bagian dari sistem atau tidak, banyak faktor yang mempengaruhi hubungan kita, termasuk hal-hal yang tidak kita sadari.

Terakhir, salah satu prinsip dari proses yang tidak dapat diubah, yaitu sekali sesuatu dilakukan, maka tidak dapat dihentikan.

Hubungan Lingkungan Dan Hubungan Pilihan

Hubungan antar personal adalah memulai suatu hubungan dengan orang lain, yang kita bawa dalam pikiran kita, namun beberapa orang tidak kita pikirkan. Hal tersebut terjadi karena sudah menjadi tujuan tertentu, bentuk keadaan hubungan terjadi bukan karena pilihan kita namun ruang lingkup kehidupan kita yang kita jalani. Kita bersikap dan bekomunikasi secara berbeda dalam dua jenis perilaku komunikasi antar personal dalam dua perbedaan hubungan dapat menjadi dramatis, jika kita bertidak bodoh dengan meremehkan teman, maka kemungkinan teman kita akan mengakhiri hubungan dengan kita. Namun jika kita melakukan hal yang sama pada keluarga kita, maka hal tersebut tidak akan terjadi.

Keintiman dan Daya Tarik dalam Hubungan

Satu hal yang paling signifikan dalam suatu hubungan adalah tingkat keakrabannya, keakraban sering diartiakan dengan aktivitas seksual, namun sebenarnya keintiman adalah:

Ø Perasaan dekat

Ø Berbagi pemikiran dan perasaan yang paling dalam

Ø Saling menghargai

Ø Percaya bahwa pasangan akan memberikan dukungan

Ø Meredakan emosi

Ø Dukungan yang tidak bersyarat

Ø Keterbukaan dan kejujuran

Ø Afeksi dan kehangatan

Pada akhirnya untuk membuat suatu hubungan menjadi lebih akrab tergantung pada kemampuan kita untuk dapat mewujudkannya terhadap orang lain, dimana itu berarti kita harus harus mampu untuk menjadi terbuka dan merasa diterima dan dicintai. Keintiman antar personal didefinisikan sebagai tingkat dimana tiap orang merasa diperkuat dan diterima oleh pasangannya dalam suatu hubungan.

Ketertarikan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Ketertarikan antar personal terjadi dalam tahap awal dari pembangunan hubungan sebagai awal daya tarik jangka pendek, dan tahap selanjutnya dari daya tarik jangka panjang . Kita dapat memahami perbedaan antara kita dan pasangan dengan melihat pada hubungan kita sendiri. Daya tarik awal jangka pendek adalah tingkat dimana kita mememiliki kesanggupan untuk mengembangkan hubungan antar personal. Sedangkan daya tarik jangka panjang adalah tipe yang memuat hubungan seperti hubungan kita dengan sahabat.

Berpikir tentang sahabat kita tentang bagaiman hubungan tersebut dimulai, mungkin ini terjadi karena adanya ketertarikan secara fisik, atau kita memperhatikan gurauan teman kita, sehingga menjadi hubungan yang interaktif.

Elemen Daya Tarik Antar Pribadi

Tujuh elemen yang dapat mempengaruhi perasaan kita dalam atraksi:

Ø Ketertarikan Fisik

Ø Kredibilitas, kemampuan dan karisma

Ø Kedekatan

Ø Persamaan

Ø Saling melengkapi

Ø Hubungan yang potensial

Ø Pertukaran hal yang disukai

Kekuasaan hubungan antar pribadi dalam hubungan

Kekuasaan hubungan antar pribadi adalah kemampuan dalam suatu hubungan antar pribadi untuk mempengaruhi orang lain dalam keinginan satu arah.

Prinsip-prinsip dalam Hubungan Antar Pribadi

Dalam setiap hubungan, orang tidak bisa di pungkiri mempunyai kekuasaan di atas kita, dan kita juga mempunyai kekuasaan atas mereka. Kebanyakan dari kita tidak suka berpikir bahwa orang lain itu mempunyai kekuasaan di atas kita, tetapi kekuasaan antar pribadi adalah unsur yang paling mendasar dari semua hubungan pribadi.

Ada 5 prinsip untuk mengatur kekuasaan secara efektif dalam interaksi sehari-hari dan dalam hubungan yang berkesinambungan, yaitu :

  1. Kekuasaan ada dalam semua interaksi dan semua hubungan

Pengaruhnya adalah menyangkut penjelasan kualitas komunikasi antar pribadi. Ketika kita berbicara, maka kita mencoba untuk mengunakan kekuasaan atas orang lain, tidak ada tujuan lain selain agar mereka mendengarkan kita. Jika kita pernah bertemu orang yang tidak mau mendengarkan, situasi ini dapat membuat kita frustasi sebab kita sedang mengunakan kekuasaan tetapi terjadi penolakan. Penolakan orang lain untuk mendengarkan adalah penggunakan kekusaan untuk melawan kita. Kebanyakan waktu interaksi kita mengalir dengan wajar dan dengan mudah peserta saling berbagi kekuasaan dan secara bergantian berbicara dan mendengarkan.

  1. Kekuasaan yang terutama berasal dari kemampuan perorangan untuk memenuhi kebutuhan orang lain di dalam hubungan ditentukan

Merupakan tingkat dimana seseorang dapat mencukupi kebutuhan orang lain dalam hubungan antar pribadi (untuk pemasukan, kontrol, dan kasih sayang ) atau kebutuhan lain ( untuk makanan, pakaian, keselamatan, sex, dan uang ). Dependent relationship adalah suatu hubungan dimana satu orang mempunyai kebutuhan lebih besar dari pada yang lain dalam memenuhi kebutuhannya.

  1. Kedua mitra dalam suatu hubungan yang berkelanjutan mempunyai beberapa derajat tingkat kekuasaan.

Dalam beberapa hubungan bisa tampak seolah-olah seseorang mempunyai semua kekuasaan dan mitranya mati kutu. Kita mungkin merasa ketidakseimbangan itu dalam hubunganmu dengan orang tuamu pada saat kita sedang tumbuh dewasa. Bagaimanapun anak-anak mempunyai kekuasaan dalam hubungan dengan orangtua mereka. Orang tua ingin cinta anak-anak mereka, mereka ingin melindungi anak-anak mereka, mereka ingin anak-anak mereka bahagia. Manakala dua individu memuasakan kebutuhan satu sama lain maka mereka menciptakan suatu hubungan interdependent yaitu dimana masing-masing orang mempunyai jumlah kekuasaan yang serupa di atas yang lainnya.

  1. Kekuasaan adalah tidak langsung

Karena perubahan kebutuhan kita, demikian pula dengan kekuasaan. Seperti saat kita sedang tumbuh dewasa, maka kita bergantung pada orang tua dan orang dewasa lain. Bagimanapun seperti pada saat kita tumbuh dewasa dan mengembangkan keterampilan, kita tidak lagi memerlukan orang tua untuk memenuhi kebutuhan tertentu, dan begitupun kekusaan mereka berkurang. Perubahan ini selalu terjadi dan orang tua menyadari bahwa mereka tidak mempunyai derajat tingkat kendali atas anak-anak mereka seperti dulu. Circumstantialty kekuasaan adalah hubungan dapat mendorong kearah suatu yang sedang digunakan ketika kita bertemu dengan kebutuhan orang lain, hanya untuk mempunyai hubungan, dan membuang ketika kebutuhan itu tidak lagi ada.

  1. Hubungan pengembangan melibatkan suatu negosiasi dari masing-masing kekuasaan mitra.

Di dalam suatu hubungan antar pribadi yang berkembang , kita memutuskan siapa yang akan mempunyai kekuasaan diatas kita dan seperti apa kekuasaan yang mereka punyai.

Jenis hubungan kekuasaan

Ø Hubungan komplementer. Hubungan di mana kekuasaan dibagi tidak samarata, dimana satu orang yang mendominasi dan orang lain biasanya yang menyampaikan.Orang suka berbicara yang lain mendengarkan atau memimpin yang lain mengikutinya.

Ø Hubungan Symmetric. Hubungan di mana kedua-duanya adalah usaha mitra untuk mempunyai tingkatan kuasa yang sama. Didalam hubungan symmetric, kedua-duanya mitra bertindak di jalan serupa. Kadang-kadang kedua-duanya mitra ingin mendominasi, dan kadang-kadang kedua-duanya ingin bersikap tunduk.

Ø Hubungan Symmetric kompetitif. Hubungan di mana kedua-duanya mitra bersaingan untuk kekuasaan atau kendali atas orang lainnya.

Ø Hubungan Symmetric bersikap tunduk. Hubungan di mana mitra ingin mengambil kendali atau keputusan buatan.

Ø Hubungan paralel. Hubungan di mana pergeseran kekuasaan dan meneruskan antara mitra mitra, tergantung pada situasi

Jenis kekuasaan

Ø Kekuasaan legitimate adalah kekuasaan yang didasarkan pada rasa hormat untuk suatu posisi yang seseorang. Kekuasaan referent adalah kuasa yang datang dari daya tarik kita ke orang lain, atau karisma yang seseorang miliki.

Ø Kekuasaan expert/ kekuasaan ahli didasarkan pada pengetahuan seseorang dan pengalaman. Kita memberikan kekuasaan bagi mereka yang mengetahui lebih dari kita lakukan, atau mempunyai beberapa keahlian yang kita tidak memiliki.

Ø Kekuasaan reward / penghargaan didasarkan pada kemampuan orang lain untuk mencukupi kebutuhan mu. Ada penghargaan yang jelas / nyata, seperti uang dan hadiah, tetapi kebanyakan penghargaan merupakan hubungan antar pribadi yang terjadi secara alami

Ø Kekuasaan coercive / memaksa adalah kekuasaan yang melibatkan hukuman atau sanksi untuk mempengaruhi orang lain.

Negosiasi dalam Hubungan Antar Pribadi

Menilai Kebutuhan

Langkah pertama untuk bernegosiasi suatu keiseimbangan kekuasaan yang memuaskan akan mengidentifikasi kebutuhan kita dan mitra kita. Ingatlah bahwa kebutuhan dapat meliputi segalanya dari penghargaan keuangan ke konfirmasi tentang bagaimana konsep diri kita. Penilaian kita perlu meliputi keduanya, kebutuhan yang sedang dicukupi dan yang tidak puas.

Menilai Pemenuhan Kebutuhan dalam Hubungan

Menguji seberapa baik hubungan ditentukan oleh bagaimana kebutuhamu terpenuhi dan seberapa baik kamu memenuhi kebutuhan mitra hubunganmu. Derajat tingkat untuk orang lain mencukupi kebutuhan mu mencerminkan jumlah kuasa orang itu Semakin kebutuhan yang dijumpai oleh satu hubungan, semakin mungkin kamu akan menopang hubungan itu.

Mengidentifikasi Kebutuhan Dasar tegangan dan konflik

Menguji konflik dalam hubungan antar pribadi kita untuk isu kekuasaan belum terpecahkan. Sebagai contoh, di tahun pertama perkawinan, pasangan sering membantah tentang penyeimbangan keluarga dan pekerjaan, sekitar permasalahan keuangan , tentang frekwensi hubungan seksual dan tentang divisi tugas rumah tangga. Masalah ini melibatkan isu kekuasaan, kontrol, responbilitas dan pengambilan keputusan. Isu seperti itu juga ada dalam hubungan lain. Konflik dapat diakibatkan oleh ketidak seimbangan kekuasaan tidak dapat diterima, dari sejumlah kekuasaan sama ( dengan masing-masing mitra yang mencoba untuk mempengaruhi lainnya), atau sebagai suatu reaksi ke usaha untuk menggunakan kendali atau untuk mendominasi.

Mendiskusikan Isu Kekuasaan Secara langsung

Percakapan sehari-hari melibatkan bantuan dan pasangan menikah, pekerjaan ke arah persamaan tanggung-jawab tugas dan kekuasaan dan akhirnya mempengaruhi hubungan kepuasan mereka. Sederhananya, menunjukkan masalah ini boleh jadi cukup untuk memperbaiki situasi itu. Pada sisi lain kita mungkin harus mengadopsi suatu pengendalian konflik gaya yang lebih aktip. Sebagai contoh, menguraikan masalah kuasa tanpa evaluasi, menganbarkan perasaan mu tentang situasi kekuasaan , mengumpulkan informasi dari mitra mu yang aktif dan cara terbuka, dan mulai bekerja suatu pendekatan koperatif unutk kekuasaan negosiasi.

Hubungan dengan teman, kekasih dan keluarga

Dalam dimensi kekuatan dan kedekatan antar personal memberi dasar pemahaman hubungan antar pribadi, termasuk yang paling penting. Dalam hal ini hubungan dengan teman, dengan kekasih dan dengan keluarga atau pasangan. Ketiga kategori hubungan ini banyak mengandung kesamaan tetapi juga perbedaan. Tidak hanya perbedaan dalam hal kedekatan dan kekuatan,tetapi juga dalam hal kebutuhan untuk bertemu.

Pertemanan memberi kita dukungan yang bernilai. Dalam survey lebih dari 100.000 pria dan wanita, hasilnya wanita single menilai hubungan dengan teman dan kehidupan sosialnya adalah sumber kebahagiaan yang paling penting dalam hidup mereka. Sedangkan laki-laki yang masih single menilai teman adalah nomor dua setelah pekerjaan.

Umumnya, dalam dalam hubungan antar kekasih terdapat kedekatan dan kesatuan dengan derajat yang tinggi.sesuai dengan aktivitas seksual dan atau ketertarikan yang ada. Dalam sejarahnya, pernikahan adalah hubungan yang paling intim, yang sering kali ditunjukkan dalam bentuk keluarga. Saat ini, hubungan gay dan lesbian juga mencerminkan bentuk kedekatan hubungan romantic dengan relasi yang dinamis mirip dengan apa yang terjadi dalam hubungan heterosexual, termasuk dalam pernikahan dan pembesaran anak.

Keluarga melibatkan hubungan hubungan yang bervariasi. Antara istri dan suami, antara orang tua dan anak, antara saudara kandung (siblings), atau dengan keluarga (relatives) yang lain. Hubungan antar pasangan adalah yang utama(meskipun dapat berganti karena semata-mata (solely) berdasarkan keadaan), hubungan yang lain lebih bersifat pendukung seperti garis kecil dari garis yang utama (circumstantial). Hubungan dalam keluarga menyediakan pemeliharaan dan dukungan, mempengaruhi pengembangan konsep diri,memakan (exert) waktu seumur hidup dan mempunyai pengaruh lintas generasi, dan sebagian besar mnunjukkan hubungan yang kompleks. Dalam chapter ini anda akan membaca tentang tipe hubungan keluarga di chapter 12 anda akan membaca tentang komunikasi dalam keluarga pada umumnya.

Sahabat

Persahabatan adalah hubungan yang selalu eksis sepanjang waktu antara orang-orang yang saling berbagi pengalaman. Teman adalah seseorang yang kita sukai dan menyukai kita. Kita percaya dengan teman kita. Kita berbagi suka dan duka dengan mereka. Kita ingin bersama mereka dan kita menyediakan waktu untuk tujuan itu. Atau, seperti dalam penglihatan seorang filsuf, teman sejati adalah seseorang yang akan tetap berbicara pada anda meskipun dia tahu dia telah melewatkan acara televisi faforitnya.

- Pengungkapan Diri/merasa bebas untuk mengekspresikan informasi –informasi pribadi.

- Terbuka,Jujur,dan penuh dengan kesamaan.

- Kompak, dan penuh dengan kesamaan.

- Saling melengkapi dalam ego,dan mendukung konsep diri masing-masing

- Menerima individu seutuhnya

- Menghormati

- Perilaku saling menolong

- Bisa dipercaya

- Kritik positif

- Fokus dan mempunyai empati

Setiap dari kita mempunyai harapan tersendiri dalam sebuah pertemanan yang diantaranya termasuk yang ada dalam list di atas. Dan hal itu akan menjadi factor penentu pengambilan keputusan untuk menetapkan persahabatan. Seperti yang ditulis di awal, teman mencerminkan pilihan dalam hubungan. Pertemanan berkembang secara alami ke hubungan yang saling tergantung hal ini berbeda dalam hubungan antar personal yang lain, yang mana kita tidak punya batasan (constraints) untuk menjaga kita selalau bersama. Seperti pekerjaan, sekolah, atau keluarga meskipun demikian kita sering mempunyai teman dari hal tersebut. Seringkali kita membuat pertemanan sesuai dengan kemauan kita, meskipun kita sering membuat jenis pertemanan dengan orang yang berbeda umur dan latar belakang social.

Disamping membantu kita menikmati hidup yang sehat, teman membantu kita untuk menangani stress dan memperhatikan kebutuhan psikologi kita, dan bahkan membantu kita dalam mengembangkan kepribadian kita. Teman juga membantu kita dalam memperkuat keyakinan kita, Terutama selama waktu adanya perubahan dan krisis dalam hidup kita, seperti waktu masa remaja (adolescence) dan ketertekanan (retirement). Teman membantu kita dalam mengatasi ketidakpastian dan mempunyai pengaruh dalam hidup kita.

Persahabatan di setiap tingkat yang berbeda dalam hidup

Menetapkan kedekatan dengan orang lain membutuhkan waktu, jadi sebagian dari kita mempunyai jumlah hubungan kedekatan yang sedikit. Kita juga mempunyai perbedaan kebutuhan hubungan yang dekat di berbagai tingkatan dalam hidup kita. Peneliti hubungan W.J Dickens dan D Pearlman melihat perbedaan 4 tingkatan pertemanan dalam hidup kita. Masa Kecil, Remaja, Saat Dewasa, dan waktu Tua.

Persahabatan masa kecil

Sewaktu umur 2 tahun ketika kita mulai belajar berbicara kita secara bertahap mulai bermain bersama orang lain. Sewaktu kita masih belajar berjalan (toddlers) kita merasa teman sepermainan kita adalah seseorang yang dapat memenuhi keinginan kita. Pertemanan kita yang pertama selalu hanyalah pertemanan yang dangkal dan terpusat pada diri kita. Pertemanan masa kecil dapat dikategorikan dalam lima tahapan. Dari umur tiga ke tujuh, kita mempunyai teman yang sesaat dalam permainan, dari umur empat ke sembilan pertemanan kita melibatkan bantuan satu arah. Kita tetap melihat pertemanan dari sudut pandang kita. Sebagai Instrumen untuk memenuhi keubutuhan kita, daripada pandangan untuk memberi atau memberi dan menerima.

Tahapan ketiga, umur enam sampai duabelas, adalah saat yang fair / pertemanan seperti cuaca. Dalam tahapan ini terdapat perilaku memberi dan menerima dalam pertemanan. Tetapi timbal balik hanya terjadi ketika semua berjalan dengan baik. Pertemanan akan selesai jika masalah dan pertengkaran berkembang. Tahap ke empat umur Sembilan sampai lima belas dinamakan kedekatan yang timbal balik. Dengan kedekatan yang berkembang pertemanan menjadi saling memiliki. Tahapan terakhir dimulai dari umur 12 sampai masa dewasa menunjukkan kemadirian dalam pertemanan, Yang mana dalamnya ketergantungan dengan teman, mengijinkan kita untuk lebih dekat dan berbagi.

Pertemanan masa remaja, masa remaja yang dimulai dengan serangan masa puber sekitar umur dua belas tahun, kita beranjak dari hubungan dengan orang tua atau orang dewasa lainnya munuju keakraban yang kuat dengan dengan harapan kita. Selama remaja hubungan yang bersifat panutan dan penuh harapan adalah perilaku social yang paling penting mempengaruhi perilaku kita. Kita mengembangkan pertemanan geng/cliques dan membuat jaringan pertemanan. Selama remaja laki-laki terlihat mempunyai banyak teman, sedangkan wanita nampak untuk mengembangkan hubungan ke arah yang lebih akrab. Hubungan pertemanan selalu mencapai puncaknya ketika akhir masa remaja sebelum masa dewasa, sebelum kita memilih pasangan.

Pertemanan Masa Dewasa adalah hubungan yang paling bernilai. Cirinya, mereka memberikan dukungan emosional, partner untuk kegiatan, dan kesempatan untuk bersosialisasi. Teman wanita lebih disukai daripada teman pria untuk secara rutin berbagi komunikasi, dan dukungan. Pertemanan di masa dewasa dipengaruhi oleh pernikahan dan selalu menjadi nomer dua daripada hubungan pasangan. Pernikahan selalu mengurangi hubungan pertemanan antar jenis kelamin. Jadi sebagian besar pertemanan di masa dewasa adalah dengan orang yang satu jenis kelamin. Terkadang kita cukup beruntung mempunyai pertemanan yang special dengan seseorang menembus pergerakan kita di masa dewasa, pernikahan, dan pekerjaan baru.

Pertemanan di masa tua, meskipun orang yang sudah tua memiliki teman baru, mereka lebih menghargai teman lama. Ketika orang-orang punya lebih banyak waktu untuk bersosialisasi, pertemanan menjadi bertambah penting. Mereka membina pertemanan yang kecil tetapi bernilai tinggi.

Psikolog Howard Markman dan beberapa muridnya menemukan bahwa pengungkapan diri, yang mana salah satu bagian terpenting dalam pertemanan, tidak terlihat perubahan dalam kedalaman atau dalam jumlah sejak dewasa sampai berusia 91 tahun. Mereka juga melaporkan, ketika teman menjadi tua, mereka memberikan pengungkapan diri yang negative, kelihatannya saat kita berumur kita akan memberitahukan teman kita sesuatu hal yang kurang bagus dalam diri kita, dibanding informasi yang menunjukkan betapa bagusnya diri kita.

Persahabatan antar generasi, antar budaya, antar ras, dan antar jenis kelamin

Sebagian besar pertemana kita adalah dengan orang yang mempunyai banyak kemiripan dengan kita. Kesamaan membuat kemudahan dalam berkomunikasi dengan efektif dan mencapai pemahaman bersama. Semakin banyak perbedaan dengan orang lain, kesempatan terbaik adalah dengan menjaga hubungan. Meskipun dimikian, keduanya yaitu hubungan pertemanan dan percintaan juga berkembang diantara orang yang mempunyai perbedaan budaya, umur dan ras. Bagian keberhasilan dari hubungan ini tergantung pada apakah perbedaan lebih terlihat dangkal atau menjadi sangat dalam.

Ada sebuah studi yang membandingkan persahabatan antara teman yang seumuran dengan teman yang mempunyai perbedaan umur 10 tahun. Sampelnya melibatkan pasrtisipan yang range umurnya dari 18thn sampai 76 tahun. Yang dilihat adalah penghargaan,kepuasan,keakraban. Dan apakah akan dilanjutkan atau tidak ke depannya. Hubungan yang terjadi secara kebetulan antara orang yang seumuran dengan orang yang berbeda jauh umurnya secara kualitas tidak menampakkan perbedaan. Satu-satunya perbedaan dalam hubungan yang terjadi secara kebetulan ini adalah untuk hubungan dengan perbedaan umur tampak antara participant adanya hubungan yang saling menghormati lebih daripada dengan yang seumuran.

Umur adalah salah satu factor yang bisa mempengaruhi hubungan, Budaya, etnik, dan perbedaan ras juga turut berperan. Salah satu factor utama sebuah pertemanan adalah kualitas dan harapan yang berbeda dalam setiap kelompok. Dengan kata lain,kita mungkin akan melibatkan perilaku yang kita pikir sesuai dengan pertemanan kita dengan orang dari budaya yang berbeda. Kita akan merasa diserang jika teman kita melakukan pelanggaran berdasarkan nilai yang kita pahami.

Kekasih : Hubungan Percintaan

Romantic relationship berisi kebutuhan – kebutuhan yang khusus, itu yang membedakan dari persahabatan. Kunci lain perbedaan antara sahabat dan lovers terletak pada bagaimana mereka membicarakan hubungan mereka.

Zick Rubin, seorang pengacara dan psikolog sosial, berusaha untuk mengidentifikasi perbedaan antara cinta dan persahabatan dengan membuat dua skala—satu untuk mengukur cinta dan yang lainnya untuk mengukur kesukaan. Dia menemukan bahwa orang membedakan antara cinta dan kesukaan. Hubungan asmara lebih menggairahkan dan intim dibanding persahabatan, tapi yang menarik, orang menyukai kekasih mereka hanya sedikit lebih dibandingkan rasa suka mereka pada teman. Dan wanita membuat pembedaan yang lebih tegas antara mencintai dan menyukai dibanding pria.

Orientasi seksual adalah faktor lain bagaimana orang berpikir tentang hubungan romantis. Hubungan romantis dapat berlangsung antara pasangan yang berbeda jenis kelamin maupun pasangan sejenis. Hubungan romantis gay dan lesbian berbagi banyak kualitas yang sama seperti hubungan heteroseksual, meskipun pasangan homoseksual sering menghadapi tekanan sosial yang lebih, hukum yang membatasi, dan menyalahkan perilaku. Sebuah studi menemukan bahwa pasangan gay dan lesbian menunjukkan pola yang serupa dengan pasangan heteroseksual yang menikah dalam hal perubahan kepuasan setelah periode lima tahun keatas. Bagaimanapun, pasangan sejenis lebih sering mengakhiri hubungan mereka dalam masa lima tahun tersebut dibandingkan pasangan menikah yang berbeda jenis kelamin, mungkin karena kurangnya penerimaan sosial.

Triangular theory of love mengidentifikasi 3 dimensi yang dapat digunakan untuk menjelaskan variasi dalam hubungan percintaan:

  1. Intimacy. Meliputi kepercayaan, perhatian, kejujuran, dukungan, pengertian, dan keterbukaan.
  2. Commitment. Meliputi loyalitas, kesetiaan, mendahulukan yang lain terlebih dahulu, dan membutuhkan satu sama lain.
  3. Passion. Meliputi ketertarikan dan aktivitas seksual, dan rindu yang luar biasa. Passion (gairah) diidentifikasi sebagai dimensi yang terpenting untuk membangun hubungan yang romantis.

Dimensi-dimensi ini menyediakan cara berpikir yang berharga tentang bagaimana cinta menunjukkan kekuatannya dalam hubungan. Berdasarkan the triangular theory of love, keberadaan dan kekuatan dari masing-masing dimensi ini bervariasi dari hubungan satu ke yang lainnya, dengan tiap kombinasi yang mendefinisikan gaya bercinta.

Sosiolog John Alan Lee menciptakan skema yang hampir sama yang menjelaskan 6 tipe bercinta yang ditemukan dalam hubungan romantis maupun nonromantis:

  1. Eros

Merupakan cinta secara seksual yang berdasarkan pada pencarian kecantikan dan kesenangan. Kebutuhan fisik untuk seks menyatukan banyak pasangan. Kekasih yang erotis sangat membutuhkan keintiman seksual dan kegiatan seksual yang penuh gairah untuk memuaskan kebutuhan mereka. Daya tarik seksual membawa kebutuhan dan emosi khusus pada sebuah hubungan, yang terkadang tidak memperhatikan yang lainnya. Shakespeare menjelaskan fenomena ini ketika ia menulis, ”cinta itu buta, dan pecinta tak dapat melihat kebodohan kecil yang mereka lakukan.”

  1. Ludis

Menjelaskan cinta sebagai sebuah permainan, sesuatu untuk melewatkan waktu. Pecinta ludic tidak mencari hubungan jangka panjang, mereka lebih mencari kepuasan yang segera dan untuk memenangkan kasih sayang pasangannya. Tujuan mereka adalah untuk bercinta dan menyenangkan pasangannya dari pada untuk meraih kemenangan seksual. Permulaan hubungan kencan sering merupakan tipe ludic. Ludis berlangsung selama pasangan senang dan menemukan kepuasan hubungan yang saling menguntungkan.

  1. Storge

Adalah jenis cinta yang ditemukan dalam kebanyakan persahabatan dan dalam hubungan dengan saudara dan anggota keluarga lainnya. Perwujudan seksual bukanlah faktor dalam cinta jenis ini, meskipun daya tarik seksual mungkin ada. Hubungan storgic biasanya dibangun dalam periode yang lama, dan hubungan ini solid dan lebih tahan berubah dibanding cinta erotis. Kepercayaan, perhatian, dan perasaan kasih tinggi, keegoisan rendah.

  1. Mania

Hubungan yang berjalan secara liar antara ekstrim tinggi dan rendah. Pecinta maniac adalah seseorang yang dihantui oleh hubungan dengan orang lain. Masing-masing pecinta mungkin memiliki kebutuhan akan perhatian yang tidak pernah puas, sering dipenuhi oleh konsep diri yang redah.

  1. Pragma

Merupakan asal kata dari Pragmatik. Hubungan semacam ini berjalan karena kebutuhan pribadi pasangan, personalitas, latar belakang, yang disukai dan tidak disukai sesuai.

  1. Agape

Cinta yang didasarkan pada cinta spiritual yang baik, memberi tanpa mengharapkan kembali apapun. Cinta yang murni seperti ini mencirikan hubungan antara orang tua dan anak, atau hubungan antara pemimpin spiritual dan para pengikutnya.

Hubungan Keluarga

Kebanyakan dari kita akan menikah pada suatu titik dalam hidup dan akan menjadi orang tua. Kebanyakan dari kita akan memiliki hubungan dengan orang tua atau orang dewasa lainnya yang sangat mempengaruhi perkembangan kita sejak masa kanak-kanak. Dan banyak dari kita yang tumbuh paling tidak dengan seorang saudara yang lebih muda atau lebih tua. Hubungan-hubungan ini adalah yang paling biasa terdapat dalam hubungan keluarga. Satu ciri yang mungkin kita sadari mengenai keluarga kita adalah bagaimana mereka berubah dan melanjutkan untuk berubah. Hubungan kita dengan orang tua dan saudara kandung berbeda sekali dibandingkan ketika masa remaja awal. Hubungan dengan suami/istri juga akan berubah selama perjalanan pernikahan kita, seperti juga hubungan dengan anak-anak kita. Semua hubungan keluarga adalah penting bagi kita karena, mereka mempengaruhi konsep diri dan harga diri kita.

Suami dan Istri

Kebanyakan dari kita membuat komitmen menikah dengan sangat serius. Ketika dua orang memasuki pernikahan, mereka menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan peran dan pekerjaannya melalui percobaan hidup bersama. Sifat dasar hubungan mereka tergantung pada variasi faktor-faktor, seperti bagaimana mereka membagi kekuasaan dan membuat keputusan (simetris, komplementer, atau paralel) dan peran apa yang masing-masing mereka pikul. Meskipun ada berbagai perbedaan, pasangan dapat digolongkan menurut bagaimana pasangan tersebut berkomunikasi satu sama lain.

Peneliti Mary Anne Fitzpatrick telah mengidentifikasi 4 tipe pasangan menikah yang dia yakini dapat ditemukan pada masyarakat Amerika:

  1. Tradisional (traditional).

Pasangan tradisioanal saling ketergantungan, menunjukkan banyak berbagi dan persahabatan, mengikuti jadwal harian, tidak tegas, memiliki konflik, menekankan stabilitas diatas spontanitas, dan mengikuti kebiasaan tradisional komunitas (seperti istri mengambil nama akhir suami).

  1. Bebas (independent).

Pasangan bebas berbagi dan menunjukkan persahabatan tetapi mengijinkan space pribadi masing-masing, mereka yakin hubungan tidak harus membatasi kebebasan individual mereka. Mereka saling ketergantungan secara psikologis tapi memiliki waktu yang sulit untuk mencocokkan jadwal, dan juga terlibat dalam konflik.

  1. Terpisah (separate).

Pasangan terpisah memegang nilai-nilai yang berlawanan, disatu sisi, mereka mendukung pernikahan tradisional dan nilai-nilai keluarga. Disisi lain, mereka menitikberatkan individu melebihi pasangan. Mereka memiliki ketergantungan yang rendah dan menghindari konflik. Ini berarti bahwa dengan mempertahankan otonominya, mereka menunjukkan berbagi dan persahabatan yang kurang dibandingkan tipe pasangan lainnya, tapi mereka masih mencoba untuk menjaga jadwal harian.

  1. Campuran (mixed).

Pada tipe ini, suami dan istri memiliki pandangan yang berbeda terhadap peran mereka. Ada 6 kombinasi yang mungkin dari tiga tipe lainnya yang menyusun kategori campuran ini:

- Suami bebas dan istri tradisional

- Suami tradisional dan istri bebas

- Suami bebas dan istri terpisah

- Suami terpisah dan istri bebas

- Suami tradisional dan istri terpisah

Orangtua dan Anak-anak

Cara orang tua berinteraksi dengan kita berpengaruh pada perilaku dan sikap kita, walaupun pengaruhnya tidak selalu jelas terlihat. Suatu studi menemukan korelasi antara self-reports dari gaya komunikasi agresif ibu dan gaya komunikasi mereka dan yang dimiliki anak-anak mereka. Studi lainnya menemukan bahwa tujuh respon penilaian mirip dengan pandangan ibu mereka terhadap keterbukaan dalam berbagi pikiran dan perasaan dan pada pandangan ayah mereka terhadap konformitas dan otoritas. pandangan anak-anak pada keterbukaan sesuai dengan ayah mereka, sedangkan pandangan mereka pada konformitas sesuai dengan ibu mereka. Dampak yang pasti dari gaya komunikasi orang tua pada kita, dan dari kita pada anak-anak kita, jelas ada dampaknya. Banyak dari keterampilan komunikasi interpersonal dan prinsip-prinsip yang dilindungi diseluruh teks ini dapat diaplikasikan untuk meningkatkan interaksi dengan orang tua kita dan anak-anak kita sendiri, apakah kita menggunakan keterampilan mendengarkan yang baik, menyediakan respon yang menegaskan, mengelola konflik secara konstruktif, menjadi other-oriented, ataupun mengklarifikasi persepsi.

Saudara Kandung

Membuat generalisasi tentang komunikasi antar saudara kandung itu sulit, karena begitu banyak faktor yang mempengaruhi sifat dasar hubungan, khususnya jenis kelamin dan usi a dari saudara kandung. Seperti halnya hubungan dengan orang tua kita yang berubah sepanjang waktu, begitu juga hubungan dengan saudara kandung kita. Selama masa kanak-kanak, persaingan dengan saudara kandung sering terjadi seperti anak-anak bersaing untuk kasih sayang orang tua mereka. Persaingan ini dapat bertahan sepanjang masa persaudaraan. Persaingan saudara kandung hanya satu isu yang mengarahkan pada konflik diantara anak-anak di keluarga yang sama. Bagaimanapun, ada sisi positif bagi hubungan saudara kandung. Saudara kandung sering menyediakan kehangatan dan dukungan pada satu sama lain. Seringkali teman bermain pertama anak-anak adalah saudara laki-laki dan perempuan mereka. Anak-anak mendapatkan ketrampilan psikologis yang berharga melalui interaksi dengan saudara kandung yang diwujudkan dalam bagaimana mereka berinteraksi dengan teman-teman sepermainannya. Anak-anak tanpa saudara kandung mungkin bisa dikatakan tidak beruntung yang mana mereka kehilangan kesempatan untuk mempraktekkan dan membangun ketrampilan interpersonal tertentu. Bagaimana orangtua kita merespon konflik saudara kandung sepertinya juga mempengaruhi ketrampilan manajemen konflik kita seperti halnya hubungan kita dengan saudara kandung.

SPAGHETTI CHA CHA CHA


Bahan:

250 gr spaghetti , rebus, tiriskan

200 gr fillet ayam, potong dadu

250 gr tomat merah, cincang kasar

75 gr paprika merah, potong dadu

75 gr paprika hijau, potong dadu

75 gr bawang Bombay, potong dadu

350 ml saus sambal botolan

50 gr sledri cincang

1 sdm kaldu ayam bubuk

¼ sdt lada halus 1 sdt garam

4 sdm keju parut

150 ml air

3 sdm minyak goreng

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bawang Bombay hingga harum, masukkan daging ayam. Masak hingga daging berubah warna.

2. Tambahkan saus tomat, kaldu ayam, lada dan garam. Aduk rata. Tuang air, masak sambil di aduk hingga saus agak mengental.

3. Masukkan tomat, paprika, spaghetti dan sledri cincang. Masak hingga semua bahan matang, angkat. Sajikan panas dengan taburan keju parut sebagai pelengkap.

Untuk 4 porsi

tata cara adat pernikahan tionghoa

Masyarakat Tionghoa di Indonesia adalah masyarakat patrilinial yang terdiri atas marga / suku yang tidak terikat secara geometris dan teritorial, yang selanjutnya telah menjadi satu dengan suku-suku lain di Indonesia. Mereka kebanyakan masih membawa dan mempercayai adat leluhurnya. Tulisan ini membahas dua upacara adat yang cukup dominan dalam kehidupan yaitu tentang adat pernikahan dan adat kematian (editor: adat kematian ada di posting terpisah).

ADAT PERNIKAHAN
Upacara pernikahan merupakan adat perkawinan yang didasarkan atas dan bersumber kepada kekerabatan, keleluhuran dan kemanusiaan serta berfungsi melindungi keluarga. Upacara pernikahan tidaklah dilakukan secara seragam di semua tempat, tetapi terdapat berbagai variasi menurut tempat diadakannya; yaitu disesuaikan dengan pandangan mereka pada adat tersebut dan pengaruh adat lainnya pada masa lampau.
Umumnya orang-orang Tionghoa yang bermigrasi ke Indonesia membawa adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan mereka. Salah satu adat yang seharusnya mereka taati adalah keluarga yang satu marga (shee ) dilarang menikah, karena mereka dianggap masih mempunyai hubungan suku. Misalnya : marga Lie dilarang menikah dengan marga Lie dari keluarga lain, sekalipun tidak saling kenal. Akan tetapi pernikahan dalam satu keluarga sangat diharapkan agar supaya harta tidak jatuh ke orang lain. Misalnya : pernikahan dengan anak bibi (tidak satu marga, tapi masih satu nenek moyang).
Ada beberapa yang sekalipun telah memeluk agama lain, seperti Katolik namun masih menjalankan adat istiadat ini. Sehingga terdapat perbedaan di dalam melihat adat istiadat pernikahan yaitu terutama dipengaruhi oleh adat lain, adat setempat, agama, pengetahuan dan pengalaman mereka masing-masing.

UPACARA-UPACARA YANG DILAKSANAKAN DALAM PERNIKAHAN
Pesta dan upacara pernikahan merupakan saat peralihan sepanjang kehidupan manusia yang sifatnya universal. Oleh karena itu, upacara perkawinan selalu ada pada hampir setiap kebudayaan. Demikian pula halnya dengan adat pernikahan orang Tionghoa yang mempunyai upacara-upacara antara lain:
A. Upacara menjelang pernikahan :
Upacara ini terdiri atas 5 tahapan yaitu :
* Melamar : Yang memegang peranan penting pada acara ini adalah mak comblang. Mak comblang biasanya dari pihak pria.
* Penentuan : Bila keahlian mak comblang berhasil, maka diadakan penentuan bilamana antaran/mas kawin boleh dilaksanakan.
* “Sangjit” / Antar Contoh Baju : Pada hari yang sudah ditentukan, pihak pria/keluarga pria dengan mak comblang dan kerabat dekat mengantar seperangkat lengkap pakaian mempelai pria dan mas kawin. Mas kawin dapat memperlihatkan gengsi, kaya atau miskinnya keluarga calon mempelai pria. Semua harus dibungkus dengan kertas merah dan warna emas. Selain itu juga dilengkapi dengan uang susu (ang pauw) dan 2 pasang lilin. Biasanya “ang pauw” diambil setengah dan sepasang lilin dikembalikan.
* Tunangan : Pada saat pertunangan ini, kedua keluarga saling memperkenalkan diri dengan panggilan masing-masing, seperti yang telah diuraikan pada Jelajah No. 3.
* Penentuan Hari Baik, Bulan Baik : Suku Tionghoa percaya bahwa dalam setiap melaksanakan suatu upacara, harus dilihat hari dan bulannya. Apabila jam, hari dan bulan pernikahan kurang tepat akan dapat mencelakakan kelanggengan pernikahan mereka. Oleh karena itu harus dipilih jam, hari dan bulan yang baik. Biasanya semuanya serba muda yaitu : jam sebelum matahari tegak lurus; hari tergantung perhitungan bulan Tionghoa, dan bulan yang baik adalah bulan naik / menjelang purnama.

B. Upacara pernikahan :
* 3 - 7 hari menjelang hari pernikahan diadakan “memajang” keluarga mempelai pria dan famili dekat, mereka berkunjung ke keluarga mempelai wanita. Mereka membawa beberapa perangkat untuk meng-hias kamar pengantin. Hamparan sprei harus dilakukan oleh keluarga pria yang masih lengkap (hidup) dan bahagia. Di atas tempat tidur diletakkan mas kawin. Ada upacara makan-makan. Calon mempelai pria dilarang menemui calon mempelai wanita sampai hari H.
* Malam dimana esok akan diadakan upacara pernikahan, ada upacara “Liauw Tiaa”. Upacara ini biasanya dilakukan hanya untuk mengundang teman-teman calon kedua mempelai. Tetapi adakalanya diadakan pesta besar-besaran sampai jauh malam. Pesta ini diadakan di rumah mempelai wanita. Pada malam ini, calon mempelai boleh digoda sepuas-puasnya oleh teman-teman putrinya. Malam ini juga sering dipergunakan untuk kaum muda pria melihat-lihat calonnya (mencari pacar).

C. Upacara Sembahyang Tuhan (”Cio Tao”)
Di pagi hari pada upacara hari pernikahan, diadakan Cio Tao. Namun, adakalanya upacara Sembahyang Tuhan ini diadakan pada tengah malam menjelang pernikahan. Upacara Cio Tao ini terdiri dari :
. Penghormatan kepada Tuhan
. Penghormatan kepada Alam
. Penghormatan kepada Leluhur
. Penghormatan kepada Orang tua
. Penghormatan kepada kedua mempelai.

Meja sembahyang berwarna merah 3 tingkat. Di bawahnya diberi 7 macam buah, a.l. Srikaya, lambang kekayaan.
Di bawah meja harus ada jambangan berisi air, rumput berwarna hijau yang melambangkan alam nan makmur. Di belakang meja ada tampah dengan garis tengah ?2 meter dan di atasnya ada tong kayu berisi sisir, timbangan, sumpit, dll. yang semuanya itu melambangkan kebaikan, kejujuran, panjang umur dan setia.
Kedua mempelai memakai pakaian upacara kebesaran Cina yang disebut baju “Pao”. Mereka menuangkan teh sebagai tanda penghormatan dan memberikan kepada yang dihormati, sambil mengelilingi tampah dan berlutut serta bersujud. Upacara ini sangat sakral dan memberikan arti secara simbolik.

D. Ke Kelenteng
Sesudah upacara di rumah, dilanjutkan ke Klenteng. Di sini upacara penghormatan kepada Tuhan Allah dan para leluhur.

E. Penghormatan Orang tua dan Keluarga
Kembali ke rumah diadakan penghormatan kepada kedua orang tua, keluarga, kerabat dekat. Setiap penghormatan harus dibalas dengan “ang pauw” baik berupa uang maupun emas, permata. Penghormatan dapat lama, bersujud dan bangun. Dapat juga sebentar, dengan disambut oleh yang dihormati.

F. Upacara Pesta Pernikahan
Selesai upacara penghormatan, pakaian kebesaran ditukar dengan pakaian “ala barat”. Pesta pernikahan di hotel atau tempat lain.
Usai pesta, ada upacara pengenalan mempelai pria ( Kiangsay ). Mengundang kiangsay untuk makan malam, karena saat itu mempelai pria masih belum boleh menginap di rumah mempelai wanita.

G. Upacara sesudah pernikahan
Tiga hari sesudah menikah diadakan upacara yang terdiri dari :
1. Cia Kiangsay
2. Cia Ce’em
Pada upacara menjamu mempelai pria (”Cia Kiangsay”) intinya adalah memperkenalkan keluarga besar mempelai pria di rumah mempelai wanita. Mempelai pria sudah boleh tinggal bersama.
Sedangkan “Cia Ce’em” di rumah mempelai pria, memperkenalkan seluruh keluarga besar mempelai wanita.
Tujuh hari sesudah menikah diadakan upacara kunjungan ke rumah-rumah famili yang ada orang tuanya. Mempelai wanita memakai pakaian adat Cina yang lebih sederhana.

PERUBAHAN YANG BIASA TERJADI PADA ADAT UPACARA PERNIKAHAN
* Ada beberapa pengaruh dari adat lain atau setempat, seperti: mengusir setan atau mahkluk jahat dengan memakai beras kunyit yang ditabur menjelang mempelai pria memasuki rumah mempelai wanita. Demikian juga dengan pemakaian sekapur sirih, dan lain-lain.
* Pengaruh agama, jelas terlihat perkembangannya. Sekalipun upacara Sembahyang Tuhan / Cio Tao telah diadakan di rumah, tetapi untuk yang beragama Kristen tetap ke Gereja dan upacara di Gereja. Perubahan makin tampak jelas, upacara di Kelenteng diganti dengan di gereja.
* Pengaruh pengetahuan dan teknologi, dapat dilihat dari kepraktisan upacara. Dewasa ini orang-orang lebih mementingkan kepraktisan ketimbang upacara yang berbelit-belit. Apalagi kehidupan di kota-kota besar yang telah dipengaruhi oleh teknologi canggih.

Sebagai suatu pranata adat yang tumbuh dan mempengaruhi tingkah laku masyarakat yang terlibat di dalamnya, sasaran pelaksanaan adat pernikahan Tionghoa mengalami masa transisi. Hal ini ditandai dengan terpisahnya masyarakat dari adat pernikahan tersebut melalui pergeseran motif baik ke arah positif maupun negatif dan konflik dalam keluarga.
Dewasa ini masyarakat Tionghoa lebih mementingkan kepraktisan ketimbang upacara adat. Hampir semua peraturan yang diadatkan telah dilanggar. Kebanyakan upacara pernikahan berdasarkan dari agama yang dianut.

as posted by Rinto Jiang in Milis Budaya Tionghua
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/1160

—————————————————————————————————
Addition by Julie Lau

Lagi iseng ah, berhubung kemaren baru kondangan, jadi kepengen cerita cerita mengenai tata cara perkawinan adat tionghua. Ya nggak adat adat amat sih, soalnya disini sana banyak “penyesuaian” dan mix n match pake budaya barat, kecampur lagi sama budaya Jawa (setahu saya). Jadi terpikir bahwa budaya Tionghua di Indonesia sebetulnya adalah “budaya gado gado”. Di singapur sini yang gado gado gitu disebut “Peranakan” atau “Nonya”, satu istilah yang akrab di telinga, sebab Oma saya suka menyebut diri sebagai “Cina Peranakan” maksudnya adalah Keturunan yang lahir atau tumbuh dewasa di Indonesia, sudah tidak akrab dengan bahasa Mandarin, dan ciri khas satu lagi adalah koleksi kebayanya itu lhoh, hehehe. Yang disebut “kebaya encim” itu kali yah. Tapi belakangan koleksi kebaya si Oma udah tinggal jadi koleksi doang sebab Oma lebih suka pakai blus dan celana panjang yang lebih praktis.

Balik lagi ke tata cara perkawinan, hmmm enaknya mulai darimana yah. Dari alkisah deh….

COMBLANG
Alkisah, jaman dulu, jaman masih Siti nur buaya, dimana cowok dan cewek yang mau kawin masih dijodoh jodohin sama orangtua, peran “comblang” pengaruh banget. (Buat yang nonton MULAN versi Disney, pasti tahu khan yah, heheheh, film fave tuh). Eh jaman sekarang comblang masih ada lhoh, saya pernah dilirik ama comblang mau dijodohin, hiiiiiii, untuuuuung enggak jadi.
Jaman dulu kalau ada anak gadis yang sekiranya layak jadi menantu, pihak cowok langsung kirim comblang ke pihak ceweknya sambil kirim kirim bingkisan gitu. Nah kalo bingkisannya dari si nyonya anu diterima dengan baik dan benar berarti pihak cewek setuju, kalau dikembaliin berarti enggak setuju. Bagusnya cara begini, dua dua pihak ngga ada yang kehilangan muka merasa ditolak, katanyaaaa.
Jaman sekarang dimana anak udah bisa cari pacar sendiri, udah kaga pake comblang comblangan lagi deh. Anak sama anak tinggal omong omongan, begitu anak sama anak udah setuju mau nikahan tinggal bilang sama ortu. Kalau ortu enggak ada keberatan tinggal nentuin tanggal omong omongan. Ceritanya “diminta” secara resmi gitu sebelum acara lamaran.

SHIO, JAM, DAN TANGGAL LAHIR
Jaman dulu, dimana orang masih piara abu leluhur, begitu para ortu udah oke oke nih, comblang mintain jam dan tanggal lahir si cewek, otomatis ketauan shionya dan elemennya, apa kayu, api, air, logam, atau tanah. Tanggal ini terus ditaroh di meja sembahyang selama tiga hari. Dalam jangka waktu tiga hari ini kalau ada tanda tanda jelek, misalnya ortu sama ortu cekcok, atau mendadakan ada yang sakitan, lantas dicurigai tanggalnya “ciong” atau tidak cocok. langsung deh dibawa tuh tanggal ke tukang “kuamia” minta tolong dilihat antara si cowok dan si cewek ada jodoh ngga. Kalau tukang kuamia bilang boleh, baru calon besan ketemuan. kalau tukang kuamia bilang jangan, batal deh acara kawinan.
Jaman sekarang biasanya anak sama anak bilang mau kawin dulu, terus orangtua dateng ke tukang ngitung hari itu, biasanya pake buku “Tong su” itu minta dicariin tanggal yang bagus buat dua belah pihak. Enggak ada acara bilang “jangan” pokoknya mau kawin si A sama si B minta tanggal yang paling bagus. Nah masalahnya si tanggal ini suka suka susah keluarnya. Yaaa kalau yang susah gitu diambil yang paling mendingan aja, sama kayak kita pilih capres kali ya, yang mana yang dianggep mendingan aja deeeh.
Oh iya masalah tanggal ini, biasanya dikasih pilihan, tanggal ini hari minggu, lumayan bagus atau tanggal ini paling bagus, tapi jatuhnya hari kamis, atau tanggal itu… nah jadi dua keluarga bisa pilih pilih dan atur atur tanggal mana mau mengadakan pesta kawin.

LAMARAN/PINANGAN
Yang ini kayaknya adpatasi dari budaya Jawa, sebab yang saya tahu di Cina enggak ada acara lamaran langsung acara kirim tanda meminang, termasuk di dalamnya baju pengantin yang warna merah itu berikut tutup kepalanya yang beratnya lima kilo itu. Cuman di Indonesia ini orang Tionghua ada acara lamaran, pihak cewek diksaih tahu dulu hari apa jam berapa pihak cowok mau datang supaya bisa mempersiapkan, dimana pihak cowok datang bersama kerabat yang biasanya pintar diplomasi, bicara dengan kata kata kiasan mengutip puisi atau kalimat kalimat indah penuh arti. Wali pihak perempuan juga harus punya keahlian yang sama jadi di acara lamaran ini ada kayak berbalas pantun gitu sih.Selama acara berpantun pantun ini si cewek diumpetin di kamar ngga boleh keluar. Terus setelah acara berpantun ria selesai, si cewek dipanggil, dikasih tahu ini lhoh calon mertuamu, sekarang harus panggilnya Mama sama Papa, begitu. Dimana pihak cewek biasanya dikasih seperangkat perhiasan. Biasanya orangtua pihak cowok memasangkan perhiasan tersebut pada calon mantunya, istilahnya pengikat begitulah. Sebagai tanda bahwa si cewek ini sudah menjadi milik si cowok, dengan kata lain ngga boleh lirik lirik cowok cakep yang lain begitu. Dan cowok lain juga ngga boleh ganggu ganggu ini anak gadis yang sudah jadi milik orang. Hihihihik, jadi inget kalung dogi yang menandakan dogi ini ada yang punya bukan dogi liar, harap dikembalikan pada yang punya, hihihihi…..

ACARA TUKAR BAKI/SANGJIT
Sesudah lamaran, berikutnya pada hari bertuah, jam tertentu pihak cowok datang lagi ke rumah pihak cewek. Kali ini ortu cowo enggak ikut, cuman kirim perwakilan keluarga yang dituakan, plus segerombolan gadis gadis yang belum nikah. Tiap gadis bawa satu baki, jumlah baki plus pembawanya tergantung kemampuan si cowok, tapi yang penting disitu ada seperangkat pakaian cewek maksudnya kebutuhan sandang si cewek bakalan ditanggung sama pihak cowok, jangan kuatir. manisan dan permen supaya sepanjang perkawinannya manis terus, buah buahan supaya cepet berbuah kali, arak, teh, apalagi ya, seinget saya ada 8 atau 12 macam itu tapi apa aja lupa.
Pihak cewek harus mempersiapkan “penerima baki” jadi sebelum datang udah ketauan duluan berapa baki yang dibawa. Kalau pihak cewek memasrahkan anak perempuannya ke keluarga cowok, dilepas enggak akan ikut campur lagi, isi baki diambil semua. Tapi kalau orang tua cewek masih mau campur tangan atas keluarga penganten nih, isi baki dibagi dua separoh dikembalikan ke pihak cowok plus seperangkat baju cowok sebagai ganti baju cewek.
Saya nggak tau adaptasi darimana, tapi di acara sangjit ini biasanya pihak cowok memberikan “angpau” pada ibu dari cewek, katanya uang susu, ASI kali maksudnya. Pihak cewek mengembalikan dengan sepasang “angpau” pada pihak cowok tapi maksudnya apa ya saya ngga inget tuh.
Oh ya, sampai hari ini saya dan kerabat ada memperdebatkan, yang bawa baki harusnya gadis yang belum menikah atau justeru yang sudah menikah, belum ada kesepakatan, kalau ada yang tahu tolong jelaskan sama saya berikut latar belakang dan alasannya, trims.

ACARA KIRIM KOPER DAN PASANG SPREI
Istilahnya enggak tahu. Pokoknya pada hari yang bersangkutan ini pihak cewek mengirim wakil, biasanya perempuan yang sudah menikah, mapan dan punya anak laki laki untuk mendadani kamar pengantin. Otomatis pihak cowok sudah menyediakan si kamar pengantin berikut tanjangnya donk. Wakil dari pihak perempuan yang pasang spreinya, maksudnya biar anak cewek itu ketularan cepat punya anak laki laki gitu, seperti yang kita tahu anak laki laki buat keluarga tionghua khan penting untuk melanjutkan marga. Plus pihak cewek mengirimkan koper, tanda bahwa si anak gadis sudah “masuk” ke rumah itu atau ke keluarga cowok.
Acara koper koper lucu juga nih. Mula mula kopernya dialasi uang, uangnya makin gede makin bagus, supaya si anak gadis ini masuk ke keluarga cowok dengan bermodal gitu supaya jangan dipandang rendah oleh keluarga mertuanya kelak. Si uang ini bisa ditebarkan gitu aja, bisa juga disusun susun berbentuk kipas, jumlahnya harus genap dan komplit mulai dari pecahan terbesar (di indo seratus ribuan) sampai pecahan terkecil (limaratus rupiah apa seribu rupiah gitu). Terus di dalam koper ditebarkan “angco” atau red dates sama biji teratai. katanya si biji teratai itu bunyinya serupa sama tahun( lian = nian), biji serupa sama anak (ci =tze), dan red dates itu bunyinya serupa sama apa ya, pokoknya sebangsa buru buru atau cepet cepet atau pagi pagi gitu. Maksudnya biar cepetan punya anak gitu.
Isi koper biasanya baju baru, berapa banyak terserah, makin banyak makin mentereng. Tapi bawa kopernya harus 2 biji, sepasang, gedenya sih terserah.terus dalemnya komplit mulai baju dalem, sikat gigi, sabun, minyak wangi, alat make up, perhiasan, pokoknya segala keperluan cewek musti kumplit disitu supaya si cewek pindah nanti nggak usah minta apa yang enggak ada sama mertuanya. Terus isi koper ini sama perwakilan keluarga cewek dibongkar disaksikan sama kerabat pihak cowok, dipindah ke dalam lemari. Katanya makin komplit isi kopernya makin “dipandang” lah si menantu di keluarga suaminya. Di acara pasang sprei dan kirim koper ini si calon pengantin ngga boleh ikut. Pokoknya isi kamar pengantin bakalan jadi surprise.

http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/5448

————————————————
Addition by Lim Wiss
(as an answer to member’s question)
Saya tdk tahu ttg adat istiadat Tio Ciu ttp saya bisa bantu dlm pemberian info San Jit secara Khek

Acara Sanjit & bawa koper boleh hari bersamaan, asal tdk lebih dari jam 4 sore. Biasanya bisa tanya hari baik pada klenteng or vihara.
Barang untuk San Jit lebih baik didiskusikan oleh 2 belah pihak krn permintaan msg2 berbeda.
Secara keseluruhan hrs siapkan : (Pihak Pria)
1. Mie buat lambang panjang umur
2. Kue satu buat lambang kebahagiaan
3. Arak Merah buat lambang kebahagiaan = 2 botol
4. Apel buat lambang keselamatan
5. Jeruk buat lambang keberhasilan
6. Buah kelengkeng (boleh kalengan) buat lambang selamanya bersatu
7. Zhu Kiong ( kalengan daging babi) buat lambang hoki
8. Kain merah sepanjang 2,5 meter
9. Uang susu
10. Uang lamaran
11. Permen manis

Pihak wanita :
Item 1, 2, 4 - 7, 11 hrs dibagi dua dan dikembalikan
Item 3 dikembalikan berupa sirup merah
Item 8 diambil, dipasang pagi hari pada hari resepsi pernikahan
Item 9 wajib diambil
Item 10 diambil lembar pertama & lembar akhir sbg tanda ada awal & ada akhir

Jumlah item di atas harus ditanyakan ke pihak wanita. Ada yg suka angka 8 = hoki, or 9 = selamanya bersama or 10 = angka hidup
Terpenting semua makanan hrs manis sbg tanda kebahagiaan.
Org yg bawa barang San Jit hrs tanya pihak wanita. Ada yg mau pasangan married yg bahagia hingga anaknya besar
Acara San Jit sekitar jam 8 - 10 siang, tdk baik lebih dari jam 10 siang
Pihak wanita hrs menjamu pihak pria, boleh di restaurant boleh di rumah.
Stl acara Sanjit ada acara bawa koper dari rumah pihak wanita ke rumah yg akan ditempati.

Acara bawa koper :
Satu Koper diisi pakaian yg baru sbg lambang awal permulaan lembaran baru
Satu koper diisi kosmetik baru
Satu koper isi bed cover & satu set sprei
Dua koper di atasnya ditaruh hiasan berupa kipas yg dibuat dari uang, boleh ribuan, puluhan, ratusan. Terpenting hrs genap sbg lambang angka hidup.
Samping koper ditaruh dgn 2 apel & 2 jeruk sbg lambang keselamatan & keberhasilan.
Kamar pengantin dihias dgn tulisan Shi = bahagia
Di atas kasur ditaruh sepasang boneka angsa
Sprei dipasang oleh sepasang keluarga yg harmonis & sukses sbg lambang kebahagian berumah tangga
Pihak Pria menjamu pihak wanita boleh di rumah boleh di restorant.

Sumber : Jelajah Vol 3 Tahun 1999