blog pemula yang berisi konten ilmu pengetahuan, berita terhangat dan hobi..

Kamis, 21 Mei 2009

Siapa manusia tertua di Bandung?

Kalau kamu menganggap diri kamu "Pituin Bandung", karena keluarga kamu sudah tinggal selama 5 generasi di Bandung -kayaknya kamu harus berpikir lagi deh. Jelas kamu kalah senior sama penghuni Bandung yang satu ini : "Manusia Pawon". Gak tanggung-tanggung, Manusia Pawon ini sudah tinggal di Bandung sejak 9500 tahun yang lalu. Mungkin saja dia cantik pada masanya, namun sayang, tubuhnya sudah berbentuk batu -atau yang biasa sehari-hari kita sebut sebagai 'fosil'. Jejak wujud manusia tertua ini adalah perempuan dan anaknya. Ditemukan sedang dalam posisi meringkuk di kedalaman 60 cm dari permukaan tanah.



Tanggal 9 dan 17 Desember 2000, sebuah organisasi independen bernama Kelompok Riset Cekungan bandung (KRCB) berhasil menemukan alat-alat batu, gerabah, sisa-sisa tulang, dan sebagainya di Gua Pawon. Gua Pawon terletak di Padalarang, Bandung Barat. Penggalian lanjutan oleh Balai Arkeologi Bandung bahkan berhasil menemukan peralatan batu dari tulang binatang dan serta kerangka lengkap manusia (homo sapiens) dalam posisi meringkuk. Berdasarkan uji karbon disimpulkan bahwa fosil tersebut berumur sekitar 9000 tahun. Hasil ini sejalan dengan studi arkeologi yang mengatakan bahwa penguburan dalam posisi meringkuk biasanya dilakukan sekitar 9000 tahun yang lalu.



Fosil yang kini terdapat di situs Gua Pawon merupakan replika. Yang aslinya disimpan dan dirawat oleh Balar Arkeologi Bandung.Manusia pawon diperkirakan hidup dalam kelompok-kelompok kecil, mampu bekerja sama dalam berburu sehingga dapat menangkap hewan-hewan besar seperti monyet, rusa, kerbau dan babi hutan.Dilihat dari jenis batu obsidian yang ditemukan sebagai perkakas kesehariannya, kemungkinan besar mereka bukan berasal dari daerah Padalarang ini. Sumber batu obsidian yang terdekat di tanah priangan ini adalah dari daerah Nagreg - Garut. Maka bisa jadi mereka adalah manusia penjelajah yang pernah menyusuri tepian Danau Purba Bandung dari ujung Timur ke ujung Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar