blog pemula yang berisi konten ilmu pengetahuan, berita terhangat dan hobi..

Rabu, 13 Mei 2009

beda cinta dan cocok part 2

BEDA ANTARA CINTA DAN COCOK

Salah satu alasan paling umum mengapa kita menikah adalah karena cinta--cinta romantik, bukan cinta agape, yang biasa kita alami sebagai prelude ke pernikahan. Cintalah yang meyakinkan kita untuk melangkah bersama masuk ke

mahligai pernikahan. Masalahnya adalah walaupun cinta merupakan suatu daya yang sangat kuat untuk menarik dua individu, namun ia tidak cukup kuat untuk merekatkan keduanya.

Yang diperlukan untuk merekatkan kita dengan pasangan kita adalah kecocokan, bukan cinta. Biasanya cinta datang kepada kita ibarat seekor burung yang tiba- tiba hinggap di atas kepala kita. Setelah cinta menghinggapi kita, cinta pun mulai mengemudikan kita ke arah orang yang kita cintai itu. Sudah tentu kehendak rasional turut berperan dalam proses pengemudian ini. Misalnya, kita bisa menyangkal hasrat cinta karena alasan-alasan tertentu. Tetapi, jika tidak ada alasan-alasan itu, kita pun akan menuruti dorongan cinta dan berupaya mendekatkan diri dengan orang tersebut.

Cinta biasanya mengandung satu komponen yang umum yakni rasa suka. Sebagai contoh, kita berkata bahwa pada awalnya kita tertarik dengan gadis atau pria itu karena kesabarannya, kebaikannya menolong kita, perhatiannya yang besar terhadap kita, wajahnya yang cantik atau sikapnya yang simpatik, dan sejenisnya. Dengan kata lain, setelah menyaksikan kualitas tersebut di atas timbullah rasa suka terhadapnya sebab memang sebelum kita bertemu dengannya kita sudah menyukai kualitas tersebut. Misalnya, memang kita mengagumi pria yang sabar, memang kita menghormati wanita yang lemah lembut, memang kita menyukai orang yang rela menolong orang lain dan seterusnya.

Jadi, rasa suka muncul karena kita menemukan yang kita sukai pada dirinya.

Cinta sebenarnya lebih kompleks dari apa yang terurai di sini. Cocok dan suka tidak identik, namun sering dianggap demikian. Contohnya Anda suka rumah yang besar dengan taman yang luas, tetapi belum tentu Anda cocok tinggal di rumah yang besar seperti itu. Anda tahu Anda tidak cocok tinggal di rumah sebesar itu sebab Anda bukanlah tipe orang yang rajin membersihkan dan memelihara taman (yang dengan cepat akan bertumbuh kembang menjadi hutan). Itulah salah satu contoh di mana suka tidak sama dengan cocok. Contoh yang lain rumah Anda kecil dan cocok dengan Anda yang berjadwal lumayan sibuk dan kurang ada waktu mengurusnya. Namun Anda kurang suka dengan rumah ini karena kurang besar (tamannya). Pada contoh ini kita bisa melihat bahwa cocok berlainan dengan suka. Pada intinya, yang Anda sukai belum tentu cocok buat Anda; yang cocok dengan Anda belum pasti Anda sukai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar