blog pemula yang berisi konten ilmu pengetahuan, berita terhangat dan hobi..

Selasa, 07 Juli 2009

Ketika Syuting SBY Diganggu Serangga

Selasa, 07/07/2009 16:07 WIB
Rata Penuh

Jakarta - Masih ingat kasus Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang diganggu lalat saat wawancara dengan stasiun TV? Ternyata kejadian serupa juga terjadi pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat syuting untuk mengucapkan selamat menyontreng kepada rakyat Indonesia.

Kejadian ini bermula saat Presiden SBY sedang syuting di depan puluhan kamera wartawan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/7/2009). SBY memulai membaca kalimat per kalimat yang dibacanya dari sebuah alat yang bernama telepromter, yang biasa dipakai oleh presenter untuk membacakan berita.

"Rakyat Indonesia yang saya cintai, insya Allah esok hari...Astaghfirullah," ucap SBY seraya menghentikan pidatonya saat tiba-tiba seekor serangga hinggap di wajahnya. SBY pun berhenti berbicara dan kemudian duduk di kursi meninggalkan podium.

Tak berapa lama kemudian, SBY telah siap kembali membacakan ucapan selamat menyontreng. Syuting yang kedua lumayan sukses, lantaran tiga menit berlalu tak ada hambatan sama sekali. Tapi memasuki menit keempat, lagi-lagi "Astaghfirullah," cetus SBY saat serangga nakal itu kembali mengganggunya.

Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) pun bingung. Menkominfo M Nuh langsung mendekati SBY dan mencari serangga yang berada di sekitar SBY dengan kedua tangan siaga untuk menepuk serangga tersebut. Namun sayang, serangga tak bisa ditangkap.

SBY pun kemudian meminta obat penyemprot serangga merek terkenal untuk menghancurkan serangga nakal itu. Tak lama kemudian, personel Paspampres datang membawa obat serangga tersebut. Dan, "Crot-crot...SBY berkali-kali menyemprot daerah sekitar podium tempat dia syuting. "Jangan-jangan ini yang bawa wartawan," canda SBY kepada wartawan.

Di belakang SBY syuting memang tampak belasan bunga dijajar untuk dijadikan latar belakang videoconference SBY tadi pagi dengan para gubernur se-Indonesia. Paspampres pun berinisiatif menyemprot bunga-bunga hidup tersebut dengan obat serangga tersebut.

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya SBY kembali melakukan syuting yang ketiga kalinya. Syuting terakhir, sukses. Serangga tak lagi mengganggu capres yang besok akan bertarung mempertahankan tahta Presiden Indonesia ini.

"Bungkus....," seru Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng saat melihat pidato SBY sukses. Meski sukses, SBY tak langsung puas. Dia meminta diputar kembali rekaman videonya yang memakan waktu 6 menit 25 detik tersebut.

Tak cuma menghadapi kendala serangga, pidato SBY juga sempat molor lantaran SBY meminta di depan podium diletakkan mic para jurnalis TV. Meski podium yang dipakai tidak didesain untuk menampung banyaknya mic, namun akhirnya keinginan SBY dikabulkan. Dan ternyata, mic tersebut juga tak nampak di depan kamera lantaran diletakkan tidur.

SBY sebelumnya juga tampak mempersiapkan diri dengan berulangkali membenarkan posisi peci hitam yang dia kenakan. SBY juga sesekali terlihat komat-kamit belajar mengucapkan kata ucapan selamat biar tiada cela saat syuting. Kakek Aira ini tampak gagah mengenakan setelan jas hitam plus dasi warna biru.

"Tadi saya bicara dengan para menteri. Sekali-kali pakai jas boleh kan," kata SBY sambil tersenyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar