blog pemula yang berisi konten ilmu pengetahuan, berita terhangat dan hobi..

Kamis, 09 Juli 2009

Water

water 199x300 Water

water

Semua orang mudah percaya bahwa air merupakan cairan yang paling murni, dan tentu saja memberikan manfaat kesehatan tak terhingga. Benarkah Anda harus meminum delapan gelas air sehari? Atau benarkah air bisa membuat wajah makin cerah berseri? Memang, terlalu banyak mitos mengenai air yang telah banyak beredar di masyarakat. Mari kita membedah mitos seputar air yang senantiasa kita minum setiap hari.

Kulit jadi makin cerah bila sering meminum air.

“Meminum air tidak dapat membantu menghidrasi kulit”, ujar Dr. Nick Lowe, seorang konsultan dermatologis dari The Cranley Clinic di London. “Hanya lapisan kulit paling luarlah yang dapat menjaga kelembapan kulit. Jika lapisan ini utuh, dengan sendirinya ia akan mengunci kelembapan sehingga tak mudah menguap. Bila ingin melembapkan dan mencerahkan kulit, Anda harus melakukannya dari luar, tidak dari dalam tubuh.

Anda harus minum banyak air bila ingin sehat

Anda tak perlu banyak minum air selama mengkonsumsi cukup cairan. Dan itu bisa di dapat dari makanan yang mengandung kadar air tinggi, seperi salad, buah dan sayuran. Begitu menurut Roy Maughan, seorang profesor bidang ilmu olahraga di Loughborough University.

Anda harus minum air putih setidaknya dua liter setiap harinya.

Rata-rata setiap orang membutuhkan dua setengah liter cairan setiap hari. Satu liternya berasal dari makanan, dan sisanya baru dari cairan yang diminum. Dan, cairan disini tak melulu harus air putih. Hampir semua jenis minuman bisa dipakai untuk menambah cairan tubuh, kecuali alkohol dan kopi pekat. Sesuaikan jumlah cairan bila aktivitas bertambah, atau saat cuaca sedang panas. Urin adalah indikator paling baik. Bila warnanya kuning pucat, artinya jumlah cairan yang diminum sudah sesuai. Anda bisa menguranginya bila urin berwarna bening, dan segera minum lebih banyak bila warnanya kuning pekat.

Minum air dapat menghilankan jerawat

Jawabannya adalah ya dan tidak. Meminum banyak air memang membuat Anda lebih sehat dan kulit jadi tidak mudah meradang. Namun, kondisi tersebut tidak akan memberikan efek secara langsung pada jerawat yang merupakan hasil dari efek hormonal di kulit.

Anda dapat melenyapkan selulit bila meminum lebih banyak air putih

Selulit erat kaitannya dengan tertahannya cairan tubuh dalam lapisan lemak terluar, yang terletak persis di bawah kulit. Suplai darah yang baik, ditunjang nutrisi dan metabolisme yang prima akan membantu mengurangi problem ini. Meminum banyak air dapat meningkatkan peredaran darah serta metabolisme sehingga kulit jadi tampak lebih halus. Namun air tidak pernah bisa dipakai untuk menghancurkan lemak atau sel lemak.

Rambut akan lebih sehat jika Anda meminum lebih banyak air

“Sayangnya tidak,” ungkap Philip Kingsley, seorang trichologist dari London. “Meminum banyak air tidak dapat meningkatkan kondisi rambut, karena kelembapan didapat dari luar tubuh, bukannya dari dalam.” Jika rambut butuh pelembap, lebih baik gunakan hydrating shampoo atau masker rambut.

Bobot tubuh bisa berkurang bila banyak minum

Minum banyak air sebelum makan adalah trik diet yang sudah kuno. Memang air tersebut mampu membuat perut terasa penuh, sehingga Anda jadi makan lebih sedikit. Tetapi air tidak memiliki kemampuan magis untuk mengurangi berat badan.

Meminum air dapat meningkatkan pencernaan

Memang benar. Anda butuh beberapa liter cairan setiap hari untuk membuat makanan yang telah tercerna bergerak terus dari usus. Namun, Anda harus mendapatkannya juga dari makanan yang mengandung air. Bila minum terus menerus, belum tentu hal tersebut merupakan tanda-tanda yang baik. Bisa jadi Anda kehausan karena kadar glukosa yang tak seimbang. Jadi, coba cek gula darah secara teratur.

Proses detoksifikasi dapat dilakukan dengan air

Meminum air dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi dengan cepat merupakan prinsip dasar diet detoks. Ginjal dan hati, dua organ tubuh yang berperan dalam proses ini, bekerja baik dengan membersihkan segala sesuatu yang tidak diperlukan tubuh. Dan selama kedua organ tersebut cukup banyak mengandung cairan, maka meminum berliter-liter air juga tidak terlalu memberi efek.

Anda bisa memiliki konsentrasi yang prima bila terhidrasi dengan baik

Tubuh memerlukan cairan untuk bisa berfungsi semaksimal mungkin secara mental dan fisik. Namun, cairan tersebut tidak harus berupa air mineral. Tapi bisa juga berupa teh, susu, sari buah dan sebagainya.

Anda harus meminum air mineral alami untuk mendapatkan khasiat terbaik

Air bisa membantu mendapatkan jumlah cairan ideal tanpa menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, bila meminum minuman rendah kalori lain, seperti susu rendah lemak atau sari buah segar, juga tak menjadi masalah. Malah dianjurkan, karena Anda bisa mendapatkan zat lain yang penting bagi tubuh seperti vitamin dan mineral.

Orang yang minum lebih banyak air akan tampak lebih sehat dibandingkan dengan orang yang tidak banyak minum air

Kecenderungannya memang seperti itu. Namun hal tersebut terjadi karena biasanya orang yang meminum banyak air umumnya memiliki perilaku sehat lain, seperti makan dengan menu seimbang dengan proporsi tepat, tidak merokok atau minum alkohol, memiliki jam tidur yang cukup, serta rajin berolahraga. Otomatis penampilan jadi lebih sehat dibandingkan dengan orang yang lebih banyak mengadopsi gaya hidup kurang sehat.

Mata akan tampak cerah jika rajin meminum air dalam jumlah banyak

Untuk merawat airmata yang cukup untuk mendapat mata yang cerah dan bercahaya memang membutuhkan suplai air yang sesuai. Bila Anda kekurangan air atau dehidrasi, lapisan film mata bisa rusak, dan secara tidak langsung mata jadi kering, iritasi serta berwarna kemerahan.

Anda sangat mudah terkena dehidrasi selama berolahraga berat

Dehidrasi terjadi bila seseorang telah kehilangan cairan sebanyak dua persen dari total bobot tubuhnya. Anda memang butuh banyak cairan bila melakukan olahraga berat di ruangan terbuka, seperti lari maraton, hiking atau bersepeda jarak jauh. Ini terjadi karena cuaca yang kering dan panas meningkatkan kebutuhn air dalam tubuh yang hilang.

Berikut beberapa mitos mengenai air kemasan yang perlu kita ketahui :

Air kemasan kualitasnya lebih baik daripada air keran

Tidak selalu begitu. Beberapa perusahaan air kemasan kerap mengemas produk mereka dengan menambahkan embel-embel diambil dari sebuah mata air di pegunungan atau di lembah hijau entah berantah. Tak selalu air kemasan diambil dari mata air tertentu. Seringkali air kemasan tersebut diambil dari pabrik pengolah air. Dan perusahaan air kemasan tersebut menyaring ulang dan menambahkan beberapa bahan mineral serta mengemasnya. Dan hal tersebut tidak berarti buruk. Namun, memang paling aman Anda menggunakan air keran, pastikan bahwa air tersebut telah dimasak terlebih dahulu.

Air yang telah dimurnikan memiliki rasa yang lebih baik

Air murini adalah air yang teah disuling, dihilangkan semua kandungan mineral dan garam. Air ini memiliki rasa yang tawar. Justru mineral seperti sodium, kalsium, magnesium dan klorida yang memberi rasa sehingga lebih enak diminum.

water2 300x300 Water

water

Air kemasan yang mengandung vitamin, mineral atau protein lebih sehat dibandingkan dengan air biasa

Vitamin, zat warna, herbal, protein serta semua bahan yang dimasukkan ke dalam air kemasan terkadanng hanya merupakan trik pemasaran saja. Mineral dan vitamin yang dimasukkan ke dalam air kemasan memiliki kandungan yang tidak terlalu signifikan bagi tubuh. Bahkan minuman ini jelas kerapkali mengandung gula dan perasa buatan untuk memberi rasa manis dan mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan diet soda. Air biasa sudah cukup sehat bagi tubuh. Anda bisa menambah kandungan vitamin, mineral dan protein dari menu makanan yang sehat dan kaya serat.

Air kemasan adalah pilihan paling baik saat Anda selesai berolahraga berat

Jikan Anda berolahraga lebih dari 1 jam, Anda perlu mengganti cairan tubuh dan elektrolit, seperti sodium dan potasium dengan air kemasan khusus untuk olahraga. Namun bila berolahraga ringan, meminum air biasa juga tak menjadi masalah.

Tahukah Anda :

Satu dari enam orang di dunia ini tidak mampu mendapatkan akses air bersih untuk diminum.
Air bersih di seluruh dunia yang bisa diakses oleh manusia untuk keperluan harian tak lebih dari 1% bahkan kurang.
Anda bisa hidup berminggu-minggu tanpa makanan, namun hanya sanggup bertahan beberapa hari saja tanpa air.
Minum setidaknya setengah liter air dapat meningkatkan aliran darah kapiler di dalam kulit.
Dehidrasi ringan dapat memperlambat metabolisme tubuh sebesar 3%.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, dengan meminum satu gelas air di malam hari mampu menahan rasa lapar dan keinginan untuk makan camilan di tengah malam.
Kekurangan air adalah penyebab utama timbulnya sakit kepala ringan.
Dengan meminum air antara delapan sampai sepuluh gelas per hari ternyata dapat mengurangi rasa sakit pada persendian.
Jika Anda kehilangan cairan tubuh sebesar 2%, maka Anda kehilangan konsentrasi, sering lupa untuk jangka waktu pendek, mengalami kesulitan dalam berhitung, dan sulit fokus membaca tulisan pada kertas serta layar komputer.
Meminum air setidaknya 5 gelas per hari dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar hingga 45%, kanker payudara sebesar 75%, serta kanker kandung kemih sebesar 50%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar